Sejarah Desain Interior



Sama seperti seni rupa, sejarah desain juga sangat bergantung pada peninggalan-peninggalan artefak yang berhubungan dengan desain interior. Dari artefak-artefak yang ditemukan terlihat bahwa setiap kebudayaan memiliki pola perkembangan desain interior yang berbeda. Setiap peradaban mengembangkan gaya furnitur dan hiasan ruang  berdasarkan budaya dan ketersediaan bahan di wilayah geografis masing-masing.

Perkembangan Interior di Mesir, Yunani dan Romawi Kuno

Kita dapat merunut perkembangan peradaban mesir kuno untuk mengetahui sejarah perkembangan desain interior. Banyak tradisi seni yang berawal dari Mesir karena bangsa Mesir Kuno memiliki ketrampilan kekriyaan yang tinggi. Masyarakat mesir mampu  menciptakan berbagai produk seni yang estetis meskipun dengan peralatan yang terbatas.

Seni inlay pada furnitur merupakan penemuan berharga yang ditemukan oleh masyarakat mesir kuno. Bahkan penemuan itu hingga kini masih tetap digunakan, selain itu Mesir adalah penenun yang handal serta pembuat furnitur  yang hebat, menggunakan sambungan konstruksi yang hingga kini masih lazim digunakan, seperti: konstruksi dovetail, mortise dan tenon. (Aronson, 1965:312).

Selain mesir, beberapa kebudayaan kuno lain yang dapat menjadi awal-mula desain interior adalah Yunani kuno dengan bangunan kunonya difokuskan pada kuil dan bangunan publik (milik bersama) yang berfungsi religi. Kemudian bangsa Romawi yang merupakan kebalikan dari Yunani, terkenal dengan bangunan dan interior yang lebih praktis untuk kepentingan duniawi.

Perkembangan Interior Zaman Renaisans

Perkembangan utama dalam sejarah desain interior juga dapat dilihat pada zaman renaisans di Itali, dimana seluruh kegiatan seni mencapai puncak kejayaannya. Perkembangan seni di zaman ini banyak didukung oleh kaum bangsawan dan orang berpengaruh melalui kekayaan hartanya (Wealle, 1982:215).

Axel von Saldem (1987) dalam riset sejarah desain yang dilakukannya menemukan bahwa pada akhir abad ke -16 di Itali terdapat kata “ designo esterno” (karya yang sudah terlaksana). Saat itulah desain interior dan dekorasi interior mulai mendapatkan peran yang khusus sehingga diduga bahwa sejarahnya dimulai dari zaman ini.


Hubungi Kontak :
LIGHTGROUP INDONESIA
Jl. KH Muhdi Gg Komajaya 53 Dewan Maguwoharjo Depok Sleman YOGYAKARTA 55282
081804135008 / 081325157177 / 088802725212 / PIN BBM 53897EDC


#desaininterior #desaininteriorjogja #desaininterioryogya #desaininteriorjogjakarta #desaininterioryogyakarta #desaininteriorgunungkidul #desaininteriorkulonprogo #desaininteriorbantul #desaininteriorsleman #jasadesaininterior #jasadesaininteriorjogja #jasadesaininterioryogya  #jasadesaininteriorjogjakarta #jasadesaininterioryogyakarta #jasadesaininteriorgunungkidul #jasadesaininteriorkulonprogo #jasadesaininteriorbantul #jasadesaininteriorsleman

Komentar

Postingan Populer